Public Training
Operational & Strategic Procurement

Strategic  procurement yang baik harus bisa memastikan proses pengadaan barang di  perusahaan berjalan secara efektif, efisien dan akuntabel.

Strategi pengadaan yang buruk berpengaruh pada kinerja perusahaan secara  umum. Sehingga perusahaan menjadi tidak kompetitif ketika berhadapan dengan  perusahaan pesaing.

Program pelatihan ini bertujuan untuk memberikan ketrampilan kepada peserta  dalam mengelola pembelian dan pengadaan. Mulai dari dari perencanaan,  pelaksanaan, pengontrolan, sampai dengan menghindari potensi fraud.

expand_more
SASARAN PELATIHAN
  1. Belajar  memahami best practice, tool dan teknik praktis dalam procurement dan  menggunakannya baik dalam planning, eksekusi, dan analisis.
  2. Dapat memahami lebih mendalam tentang beberapa elemen dalam siklus  procurement, seperti sourcing, evaluation, negotiation, dan review.
expand_more
OUTLINE MATERI

Sekilas Definisi Dan Lingkup

  1. Procurement vs purchasing vs sourcing
  2. Organisasi Procurement
  3. Peran procurement dalam Supply Chain
  4. Menterjemahkan strategi perusahaan
  5. Strategic vs operational procurement

Issue, Konsep, Dan Tool Praktis

  1. Kraljic Matrix: Definisi, contoh, procurement, strategi di setiap kuadran,  latihan&studi kasus
  2. Buyer-Supplier relationship: TCO (Total cost of ownership), single vs solevs multiple supplier, make vs  by analysis.
  3. Supplier Performance Criteria: Balance score card, SCOR model.

Siklus Procurement: Tahap Pre-Order

  1. Need
  2. Specify
  3. Sourcing : Supplier & Market Condition, supplier availability, PESTLE Analysis  (Political, Economic, Socio-cultural, Technological, Legal, Environment),  Make or buy?, Existing or new source?, Local or global?, Single or multiple sources?
  4. Enquiry
  5. Evaluate: Aspek penilaian, weighting factors

Siklus Procurement: Tahap Pre-Order (Lanjutan)

  1. Negotiate: Supplier relationship dalam negosiasi (matrix krajic dll), TCO sebagai  fondasi negotiation purchasing, strategi konsesi sebagai jantung negosiasi  purchasing, strategi negosiasi:
  2. Taktik negosiasi;
  3. higher authority, good amd bad guy, walk out, russion  front, dll,
  4. review video and role play

Siklus Procurement: Tahap Order

  1. Order
  2. Kontrak
  3. Progress
  4. Delivery

Siklus Procurement: Tahap Post-Order

  1. Pay
  2. Review: Mereview harga, Mereview procurement cost, Budget control, KPI:  definsi, benchmark, aplikasi dan efek


expand_more
METODE PENYAMPAIAN
  • Pembelajaran  dengan metode video conference by Zoom.
  • Program berlangsung selama 2 hari, total durasi 10 jam.
  • Waktu pembelajaran pukul 09.00-15.00 WIB.
  • Materi disampaikan dengan pemaparan, tanya jawab, dan latihan.
expand_more
FASILITAS TRAINING
  • Modul  pelatihan dalam bentuk softcopy.
  • Sertifikat pelatihan diberikan dalam bentuk e-certificate.
  • Bila membutuhkan sertifikat cetak, akan dikirimkan lewat jasa kurir.
  • Souvenir, selama persediaan masih ada.
check_circle
Ketentuan Online Workshop/Training
Apa yang harus dilakukan peserta?
  • Menyiapkan komputer yang mendukung kamera dan mikrofon.
  • Menyiapkan Koneksi internet yang stabil.
  • Menyiapkan alat tulis untuk mencatat.
  • Tidak mematikan kamera selama pembelajaran berlangsung, kecuali atas arahan fasilitator.
Apa yang harus dilakukan peserta?
  • Menyiapkan komputer yang mendukung kamera dan mikrofon.
  • Menyiapkan Koneksi internet yang stabil.
  • Menyiapkan alat tulis untuk mencatat.
  • Tidak mematikan kamera selama pembelajaran berlangsung, kecuali atas arahan fasilitator.
Pemateri
account_circle
Dino Martin
Tanggal Pelaksanaan
event
12-13 April 2022
09.00-15.00 WIB
Tempat Pelatihan
evvideocamnt
Online
via Zoom
Investasi
paid
Rp 3.500.000
*harga tidak termasuk pajak